Senang Bertemu dengan Anda

TERIMA KASIH BUAT PARA PENGUNJUNG!, SEMOGA ARTIKEL INI BERMANFAAT BAGI ANDA,! MOHON KETIK SARAN,KOMENTAR DAN PERTANYAANYA DIBAWAH. UNTUK PERKEMBANGAN BLOG INI Link Pemerintah Sumatera Selatan

Yang dilakukan ketika Pacar Minta Break Tapi Tidak Putus

foto kesehatku.blogspot.com




Jakarta - Break bisa dilakukan oleh pasangan kekasih yang masih labil apakah akan melanjutkan hubungan atau tidak. Break bukan berarti putus. Masa tersebut merupakan waktu rehat sejenak itu dilakukan agar keduanya bisa berpikir lebih dalam tentang masa depan hubungan mereka.

Biasanya keputusan tersebut diambil ketika hubungan bermasalah, sering bertengkar atau salah satu merasa tidak ada kecocokan. Apabila si dia minta break, padahal Anda merasa hubungan bisa berjalan tanpa harus rehat, pasti Anda merasa tidak adil.

Tapi hubungan tidak bisa dipakasakan. Sebaiknya Anda menerima keputusannya, sambil berpikir apa yang terbaik untuk Anda dan dia. Ini yang sebaiknya dilakukan ketika si dia minta break.

1. Minta Penjelasan

Minta penjelasannya kenapa dia ingin break. Bila sebelumnya tidak ada masalah, mungkin Anda kaget mendengar keputusannya. Tenangkan diri dan minta penjelasannya. Bicarakan baik-baik, jangan sampai terbawa emosi karena malah akan memperkeruh suasana.


2. Tetapkan Waktu

Masa break atau yang sering juga disebut vakum harus memiliki limit waktu. Bicarakan di awal keputusan, sampai berapa lama Anda dan si dia break. Jangan sampai hubungan mengambang terlalu lama karena sama-sama tidak menentukan kapan berakhirnya masa break. Minta si dia untuk tidak melakukan break terlalu lama. Paling lama satu bulan.


3. Tentukan Bagaimana Cara Berhubungan

Pasangan yang break ada yang ingin masih tetap berhubungan, tapi dibatasi. Ada pula yang tidak berhubungan sama sekali sampai masa break usai. Tentukan cara komunikasi Anda dan kekasih selama break. Dengan begitu tidak ada yang merasa dirugikan karena telah dibicarakan sebelumnya.


3. Introspeksi
Selama masa break, mungkin Anda merasa sedih, galau dan juga kecewa. Jangan hanya memikirkan keterpurukan Anda. Jadikan masa tersebut untuk intropeksi diri. Apa yang membuat ingin menginginkan break, bagaimana hubungan terjalin selama ini dan akan konsep hubungan seperti apa yang diinginkan di masa depan.

4. Tentukan Sikap

Jika sudah terlalu lama break, tapi si dia masih menunjukkan sikap acuh tak acuh sebaiknya tentukan sikap. Bisa jadi si dia memang sebenarnya memang ingin putus atau jangan-jangan sudah memiliki wanita lain.

Ratih Ibrahim, psikolog sekaligus konsultan cinta di Wolipop menyarankan agar wanita lebih tegas bila kekasih minta break tapi tidak memberikan batas waktu. "Masih banyak kesempatan untuk mendapatkan pria yang lebih sayang dan lebih yakin mengenai perasaannya terhadap kamu," ujar Ratih.


5. Memperbaiki Hubungan atau Move On

Bila masa break selesai dan kekasih ingin melanjutkan jalinan asmara, maka Anda dan kekasih harus memperbaiki hubungan. Tapi bila si dia ternyata lebih nyaman sendiri, maka mau tidak mau Anda harus menerima keputusannya dan belajar untuk move on. Memang tidak mudah, tapi ada pelajaran setiap putusnya hubungan. Setidaknya, Anda sedikit terbiasa tidak ada si dia karena sebelumnya telah menjalani masa break.




Sumber: http://wolipop.detik.com
 

89 komentar:

  1. Pacarku minta break
    Cm garagara stnk ilang
    Dia gabisa krumah aku krn ga mgkn kluar pake motor gada stnk

    Complicated bgt...
    Hari minggu dia mau kluar kota sm temen" nya keacara kondangan temen nya nikah
    Berat hati sii aku ijinin dia pergi
    Aku ttp bersabar nungguin dia dirmh
    Tp ternyata stnk motornya blm ketemu jd dia gabisa krumah.. aku marah cemburu dia gabisa dtg krumah.
    Dia jelasin keadaannya
    Tp aku yg udh marah gamau denger apa" lg
    Akhirnya dia minta break satu bln
    Sampe stnk slese
    Aku makin marah & kecewa
    Knp hrs break? Lost contact?
    Akhirnya dia bilang, yaudah kita ttp komunikasi..
    Tp yg aku sebelin dia tuh udh ga prnh lg manggil aku "sayang" tiap sms jg dingin.
    Sempet dia ganti nmr hape tanpa ksh kbr aku.
    Aku hrs bersikap apa ya dlm situasi kaya gini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sist,kalau si doi udh ga panggil sayang, bs dibilang dy udh ga ad rasa.

      Hapus
  2. Menanggapi Pertanyaamn Anda:
    Aku hrs bersikap apa ya dlm situasi kaya gini?

    *Admin:
    Sikap Anda marah dan cemburu itu bagus namun agak sedikit berlebihan, namun jika dilihat hanya karena hilang STNK saja dia alasan ga mau datang kerumah? itu tidaklah logis, karena datang ke tampat Ayumi Kurita tidak mesti harus pakai motor kan? bisa diganti dengan kendaraan Alternatif lain, bisa meminjam motor temen/Naik Kendaraan Umum.

    Sebagai seorang pacar Sikap yang mesti Anda Lakukan, tanyakan langsung kepada Dia namun dengan cara berbeda.

    Saya bisa kasih Tipsnya silahkan Anda Kirim Email ke Vertykey@gmail.com
    atau via sms: 0852-67779964

    Dengan segera kami balas.
    Trims, atas Curhatnya. Admin

    BalasHapus
  3. Dari Dwi (Cewek) 30/10/2014 11:17

    Bgini kak, dwi kan lagi ada sdikit masalah sm cwok dwi, masalah karna waktu kk. Hub kami LDR, Beberapa minggu ini, cwok dwi tu sibuk banget sm kuliah dan pekerjaannya, jadi waktu dia utk dwi tu ga ada.

    Dwi ngerti dia sibuk banget tapi setidaknya ada harga dwi, Dwi suka marah2 ga jelas sm dia, suka cemburu berlebihan, apa itu salah kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga adx dwi ga slah, dan itu wajar bila cwe melakukan hal itu. Tp sebaiknya adx dwi tahan dulu cemburu dan marahnya, karena seorang cwok jika cweknya terlalu protect malah dia akan sebaliknya, peratian cowok itu justru akan berkurang dan lama-kelamaan hilang, karena dia merasa sudah lebih di perati'in, maka anggapan dia si cowok si dwi nya ga perlu lg diperati'in lagi. Dan dia akan perati'in dwi sesukanya dan seingatnya aja.

      Type cowok seperti ini ialah dingin terhadap pasangan, dan tidak akan punya inisiatif (untuk memulai ssuatu duluan) terhadap pasangan kalo tidak si cewek melakukannya duluan.
      dan untuk kerja disini si cwok lebih utamakan. karena dia berfikir ah ntar paling dia sms aku, nelfon aku.

      Jadi disini, cobalah kurangi aja intensitas menelfon/sms nya. Tips ini agar si doi merasa kangen kembali pada dwi.
      jika tips ini tidak berhasil, maka H2C break dwi akan berlanjut dan ada kemungkinan putus.
      Buat cwok dwi semoga bisa berubah dan ingat ma dwi kalo hubungan kalian sudah berlangsung lama.

      Hapus
    2. maaf kak, saya punya kendala nih dengan hubungan saya. 2 hari yg lalu pacar (cewek) saya ingin minta break. lost contact. tp setelah saya tanya sampai berapa lama lost contact nya dia jawab "gak tau". lalu saya harus gimana? apa bener2 nunggu sampe dia balik lg atau gimana? :(

      Hapus
    3. Buat yang Break Lost Contact.
      Ya sebaiknya sebelum kamunya ambil keputusan bilang jawab iya! kamu yakinkan lagi ke dia, apa yakin dengan keputusan itu? jika Ia yakin, maka biarkan ia untuk ambil keputusannya. Mau Break berapa lama, hargainlah keputusannya. Mungkin dia ingin memperbaiki dirinya. Ataupun sebaliknya ia menginginkan Anda Untuk berubah. baik sikap atau tata cara perhatian Anda selama ini. (Max 1 bln, klo lebih dari itu H2C).
      Trims.. Semoga membantu

      Hapus
  4. Kak dia minta break sampe lulus sma nanti :'), alasannya mau belajar dan dia nyuruh aku ngerubah sikap aku kak . Tp dia langsung bilang kita "teman" .pas aku minta diperjelas lagi kata dia "masih sayang sama aku , tp dia takut kalau rasa sayang itu bisa ilang gara2 ngeliat sikap aku" . Kak setau aku pacaran yang nggak nerima apa adanya itu kan gabener :') . Tp aku sayang dia , kaka tau ga sebenernya dia minta "break" karena emang udah muak sama sikap aku atau emang mau belajar?

    Mohon bantuan nya yaaaaa

    BalasHapus
  5. Dia tidak secara langsung minta break tapi tidak mau ketemuan dan dia mau sendiri beberapa minggu ke dpan..tanpa memberi penjelasan kenapa kalau ditanya yg ada marah..tiap x di chat malah jawab seadanya aja..apa yg hrus dilakukan?

    BalasHapus
  6. Dia tidak secara langsung minta break tapi tidak mau ketemuan dan dia mau sendiri beberapa minggu ke dpan..tanpa memberi penjelasan kenapa kalau ditanya yg ada marah..tiap x di chat malah jawab seadanya aja..apa yg hrus dilakukan?

    BalasHapus
  7. Saya break dengan pacar saya karena saya menghapus kontak dengan teman cwok nya. Saya merasa cemburu iri melihat dia lebih dekat dengan temen cwoknya daripada aku disini yang berusaha menghidupinya dan berusaha jadi yang terbaik buat dia. Break yang dia lakikan tanpa persetilujuan kapan akan selesai waktu break itu. Kita tidak komunikasi sama sekali karna bbm fb dan nomor sudah di blokir oleh.nya.
    Saya bingung harus bagai mana menghadapi sifat pacar saya.
    Pacar saya sifatnya sedikit egois dan suka ngambek meski hanya masalah sepele. Tolong saran.nya min.. Saya pusing

    BalasHapus
  8. Saya break dengan pacar saya karena saya menghapus kontak dengan teman cwok nya. Saya merasa cemburu iri melihat dia lebih dekat dengan temen cwoknya daripada aku disini yang berusaha menghidupinya dan berusaha jadi yang terbaik buat dia. Break yang dia lakikan tanpa persetilujuan kapan akan selesai waktu break itu. Kita tidak komunikasi sama sekali karna bbm fb dan nomor sudah di blokir oleh.nya.
    Saya bingung harus bagai mana menghadapi sifat pacar saya.
    Pacar saya sifatnya sedikit egois dan suka ngambek meski hanya masalah sepele. Tolong saran.nya min.. Saya pusing

    BalasHapus
    Balasan
    1. * Sikap bagas memang kelihatan maaf! agak sedikit protect dimatanya. karena bagas telah menghapus kontak temannya tanpa sepengetahuan dan atas izinnya, kenapa bagas tidak bertanya langsung kepadanya jika bagas ingin menghapusnya. meminta izin terhadap pasangan itu lebih mulia (dan dihargai oleh wanita), buat bagas dan semuanya mulailah dengan meminta maaf dan saling menjelaskan pada pasangan Anda, jelaskan apa maunya, dan sikap apa yang mesti kita rubah dari permintaannya. Tidak usah malu karena kalian pada dasarnya saling membutuhkan. Segera komunikasikan kelanjutan hubungan kalian. jika dirasa memang sudah tidak bisa di pertahankan lebih baik segera move on to the next generation, Trims :)

      Tips Move On


      Hapus
  9. Jawaban Anonim 31 Agustus 2015 01.10
    ------------------------------------
    Kak dia minta break sampe lulus sma nanti,...dst
    *iya gpp, breaknya menjadi teman itu sedikit lebih baik dan kalian masih tetap bisa ada kesempatan untuk berhubungan dan saling memperbaiki diri. trims

    BalasHapus
  10. Lucia Margaret 14 Desember 2015 15.15
    -------------------------------------
    Dia tidak secara langsung minta break tapi..dst
    *Jika breaknya blm selesai dan perilaku doi msh sperti yang dirasakan tidak berubah, biarkan kesendiriannya. Berilah waktu buat dia untuk merasakan kangen terhadap Lucita Margaret. trims

    BalasHapus
  11. bagas prakoso 19 Januari 2016 08.48
    -----------------------------------
    Saya break dengan pacar saya karena saya menghapus kontak..dst
    * Sikap bagas memang kelihatan maaf! agak sedikit protect dimatanya. karena bagas telah menghapus kontak temannya tanpa sepengetahuan dan atas izinnya, kenapa bagas tidak bertanya langsung kepadanya jika bagas ingin menghapusnya. meminta izin terhadap pasangan itu lebih mulia (dan dihargai oleh wanita), buat bagas dan semuanya mulailah dengan meminta maaf dan saling menjelaskan pada pasangan Anda, jelaskan apa maunya, dan sikap apa yang mesti kita rubah dari permintaannya. Tidak usah malu karena kalian pada dasarnya saling membutuhkan. Segera komunikasikan kelanjutan hubungan kalian. jika dirasa memang sudah tidak bisa di pertahankan lebih baik segera move on to the next generation, Trims :)

    Beberapa Tips Move On

    BalasHapus
  12. apa sich tanda" cewek minta break, tp msh cinta? gue jadian thun bru kmrn. breaknya ne hari k2. tp dya gk bsa mutusin breaknya sampe kpn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samsung Core24 Januari 2016 01.09
      ---------------------------------
      tanda" cewek minta break, tp msh cinta itu bs kita ketahui.
      1. Dalam satu hari berapa kali dia ada sms/telp kamu ?
      2. Dia masih mau membalas sms/bbm/chat atau angkat telfon kamu?
      3.walaupun kalian ga ada janji rutin ketemu, atau jalan seperti biasa, pastikan dia tetap berada dirumah saat hari/malam minggu. kecuali dia berada dirumah keluarga atau temannya.
      4. PERHATIKAN POIN NO 3 Diatas.

      Trims :)

      Hapus
  13. Kak ,,
    Aq mau crta nih , cwe aq kaan minta break dgn alesan jenuh , dalam masa break ini qta lost contak
    Cuma aq ga nanya sampai kapan masa break nya itu , sedangkan break ini udh beejalan hampir 2minggu jujur si dalam hati qu paling dalam aq sedih bgd krn aq lgi sayang''y sma dia , cuma dimasa break itu aq sempet kirimin bunga mawar buat dia , cuma dia ga bilang makasih sama aq secara langsung , dia bilang makasih melalui status ,,
    Dengan kejadian ini , harusnya saya hrus berbuat aapa ya , jujur si aq sayang bgd sama dia , secara qta pacaran uudh mau 3tahun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon Maaf baru terbaca pertanyaannya. bagaimana keadaan hubungannya sekarang. dari break hampir 2 minggu waktu itu apa Anda telah rujuk dan kembali seperti sedia kala. lakukan hal surprise saat ini jenuh dan capek karena pekerjaan/aktifitas sibuknya.

      Hapus
  14. Kak, pacar aku minta break selama 5-6 bulan dgn alasan mau fokus kejar cita-citanya. Dia ingin dalam break kita ini ga ada komunikasi sama sekali. Tapi dalam kesehariannya aku kadang liat dia muncul di medsos. Nah dari sini aku mulai ngerasa gak adil kak, jadi seperti cuma aku aja yg dia hindari, dan ditambah lagi waktu break kita yang lama banget. Break kita ini wajar ga sih kak? Aku harus tetep nunggu dia tanpa komunikasi sama sekali atau lebih baik tinggalin dia aja?

    BalasHapus
  15. Kak aku mau nanya aku berhubungan sama cowokku udah 6 bln akhir ini emang aku manja dan mungkin dia wes capek tapi dia pengen kita break dengan batas waktu yang gak tentu disisi lain dia juga pengen fokus kerja dulu dan saya dimohon buat sabar dengan status yg gak tau aku harus gimana kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jika dia lebih dewasa dari riya gpp, riya sabar aja dulu ya?, terus bilang ke doi sampai kapan breaknya? saran admin saat ini biarkan saja ia fokus kerja, percaya deh ga bakal lama kok, paling 2 minggu proyeknya udah kelar. So sambil menunggu buat dia kangen ya dengan tidak ada kabarnya diri riya. trims :)

      Hapus
  16. Balasan
    1. Mohon maaf Untuk yang Unkown agar bisa disebutkan inisial atau nama panggilan Akrabnya?

      Hapus
    2. Mohon maaf Untuk yang Unkown agar bisa disebutkan inisial atau nama panggilan Akrabnya?

      Hapus
  17. Kak. Mau tanya dan saya minta solusinya.. Akhir-akhir ini hubungan saya dengan cowok.qu sering bertengkar sekecil permasalahan itu. Tapi yang paling gak enak aq itu di diemin waktu bertengkar. Alasannya bingung lah apa lah. Dan terakhir bertengkar ini waktu aq minta buat nganterin aq pulang, cowok.qu asik enak-enak.an dengan temannya dengan alasan hujan, tapi sebenarnya hujan itu sudah redah dan sudah larut malam. Ya lebih baek aq pulang sendirian, tapi cowok.qu langsung lari menyusul aq. Truz waktu sudah di rumah, aq sms dya dan minta hubungan.qu break dulu tapi dalam arti tidak putus. Waktu aq bilang gitu dya blz iya gpp dan dya gk nanya break ini sampek kapan. Waktu break itu dya gk hubungi aq sama sekali. Dan aq bingung selanjutnya aq harus gimana kak mohon bantuannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana hubungan nurul saat ini? apa breaknya udah selesai? jika cowok dia ga hubungin kita saat break itu wajar saja. karena sebagian cowok ada yg bs menghargai banget tentang permintaan si wanitanya. Dan saat break admin kira cwok nurul pasti sedang asyik menikmati kebersamaan bersama temannya.Tp ia akan selalu ingat dengan nurul saat malam minggu meskipun cowok nurul tidak menghubungi nurul sama sekali. Jadi jika breaknya msh blm kelar sampai saat ini segeralah untuk kalian buat janji ketemuan. atau ajaknlah temen dia untuk menemuin nurul tetapi tidak dengan mengatas namakan nurul. ok. trims :)

      Hapus
  18. 18-08-16
    kak minn aku mau curhatt
    dia (ceweku)ngjak aku break dua minggu mslhnya aku pas malming kmrn emosi ke dia aku emosi kl dia bohong ke aku pas it mlm mnggu 13.08.16 aku emosi bgt banting hp sm helm di dpn umum trs dia kaget dia kecewa kl sifatku trnyata kyk gni ktnya dia takut klo aku kyk gini lagi.dia jg sempet ngjak pts. trs dia ngjak break dua minggu. aku bngung aku kaget ak getun sdh lakuin itu . dia ajak break aku nyesek berat bgt jalani badai break ini ,dua hari aja gk ktmu rasanya lama bgt. aku kgn aku kpikiran dia aku kbari dia bls nya kaku bgt cuek gk panggil syg lg tp aku ngerti dia gt krn aku😢 .dia suruh ak ngrubah sikapku yg supremental yg emosian ak suruh buktin kl ak sdh brubah ak dsruh ke rmhnya mlm mngu dpn dpny lg (mnggu lusa dpn) ini sdh lima hari aku jalani break ini aku kgn dia. dia nya blg los kontak aja aku gpp los kontak aku bisa tp aku takut min kalo dia perlahan lupain aku sm aja kita pisah putus perlahan aku gamau, mknya aku sllu ksh kbr mskpun dia cuek sm aku tp aku ngrti dia syg aku bgt dia empet rasa ke aku. min aku sdh deket bgt sm dia aku cinta dia serius bgt dia pun bgtu ke aku aku gamau pisah dr dia aku gk rela dia sm cwo lain min. kakak mimin masukan nya!? stlh break aku ktmu dia ak hrus gmn kak min?! mksih kk min yg terhormat☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saat ini biarkan ia menyendiri dahulu agar rasa takut dan traumanya dia hilang. Gpp kok! yakin deh dia masih sayang dan cinta ma kamu. Karena cewek ga mudah untuk ngelupain org yg dia sayangi.Nanti setelah perjanjian breaknya selesai. shandyasa seika agustino bisa ketemu langsung disuatu tempat atau bahkan lbh baik dtg langsung kerumahnya untuk bilang minta maaf dengan mengajukan syarat/janji bahwa shandyasa seika agustino ga bakal ngulangin lagi hal banting hp+helmnya. Cwek lbh suka cwok yang saat dia butuhkan ia bisa berlaku sopan, lembut, ramah dan tidak tergesah-gesah dalam segala hal. ok semoga membantu yach :)

      Hapus
  19. Kak, minta saran dong. Hehe
    Cowokku kan hobi main smule yg nyanyi2 itu, awalnya aku ga larang tp lama2 aku kesel krn yg join kebanyakan cewek udah gt pd minta kontak wa, line cowok aku. Aku jd cemburu soalnya dia lebih sering komunikasi sm cewek2 itu sampe line call segala. sampe akhirnya ketauan cowokku bohong ga bilang kalo ketemuan sm cewek yg baru dia kenal di smule itu. Wajar kan aku marah? Trs aku jd minta putus tp dia ga mau sampe minta maaf & nangis di depan aku. Tp setelah itu dia malah ngejauh dr aku krn masih ngerasa aku curigain trs dia jd terkekang akhirnya minta break alesannya biar aku fokus skripsian jg. Dia blg ga kmn2 aku bakal bantu km. Tp ditanya setelah aku lulus hub nya gmn, dia jwb liat nanti. Aku mesti gmn dong??? Dia blg support, ngasih aku ruang, pengen aku cpt lulus tp klo dia stay bkn krn nunggu aku buat apa dong klo endingnya nanti dia bisa pindah ke lain hati. Trs jg dia blg klo berteman bisa lebih baik knp ngga dicoba. Gt ka...aku bingung.trs jg aku kan masih panggil "yang" tp dia ga ngerespon. Menurutmu gmn ka? Trs aku hrs apa?? Gimana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hidup itu pilihan, mungkin itu pilihan terbaik yang mau diambil oleh si doi, walaupun di satu sisi menghasilkan rasa pahit bagi dirinya dan orang lain. Belajar dari pengalaman dan bersabar atas ketidaksesuaian antara idealita dan realita adalah keharusan, mungkin nanti akan dapat yang lebih baik, dan mungkin si dia bukanlah pilihan terbaik yang disiapkan Tuhan untukmu, memilih pasangan terbaik adalah keharusan dalam hidup, karena dia yang akan menemani kita saat suka maupun duka, jadi ketika sekarang yang ada belum siap seperti itu, pasti bukanlah yang terbaik untukmu. Jangan bersedih, tetaplah hidup seperti biasa, dan pasti yang terbaik akan sampai kepadamu secepatnya, selamat menyelesaikan skripsi semoga dapat hasil yang sangat memuaskan tidak hanya bagi dirimu, orang tuamu dan masa depanmu.

      Hapus
  20. Kak aku mau nanya dong, kan pacar aku mnta break, tpi break nya smpe 6 bulan katanya dia mau fokus ujian, trus hbis itu dya blng kalo kita slesai break sikap aku udh harus brubah, klo masalah sikap aku sih aku ngerti kak. Tpi break slama 6 bulan tnpa komunikasi ini looh kak :( gmna yaa kak? Wajar gk sih ini kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya musti di komunikasi'in lagi donk, masak selama itu breaknya. tp ya klo dia tetep maksa buat break selama 6 bulan gpp hormatin keputusannya. toh itu ujian kalo sukses nantinya buat kamu juga. Usahakan walaupun dia ga ada komunikasi sama kamu. Kamunya tetap sms'in dia 1x saja sebelum waktu dia (waktu jam tidur). ok dia percaya deh dia ga bakal kemana kok. Saya yakin dia orangnya komitment. :)

      Hapus
  21. pacar ku meminta break dengan alasan tidak jelas tapi dia berkata dia tidak meminta putus dengan saya tapi dia hanya meminta break karena saya terlalu baik untuk dia tapi apakah saya harus nenanyakan sampai kapan kita break tapi jika si dia jawab engga tau sampai kapan apa yang harus saya lakukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. keputusan break dari pihak manapun itu adalah hak dari masing-masing pasangan. Namun tidak ada salahnya jika Anda bertanya berapa lama break nya. Jika dia belum mau menjawab maka biarkan ia menikmati kesendiriannya hingga minggu ke2. karena rasa kangen atau rindu terhadap pasangan itu biasanya terjadi pada minggu ke 2 (so bersabar jangan malming dulu ya selama 2x. Trims

      Hapus
  22. Kak saya mau minta penjelasan, nama saya nur. Saya punya cowok, namanya ivan. Dari pertama kita pacaran kita gak pernah ada masalah dan baik2 aja kak. Tapi enggak tau kenapa mendadak ivan berubah drastis kak, gara2 status di facebook.
    Saya sering buat status tentang dia dan hubungan kami, dan itu yang jadi alasan ivan berubah
    Yang pada akhirnya dia minta untuk kami break semntara, tapi kami tidak menentukan lamanya breakitu kak, karena kami juga tdk berkomunikasi
    Hingga pada akhirnya saya kaget ketika ivan sudah punya cewek baru yang sementara kami blm putus kak
    Saya harus gimana kak? Tolong bantuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi mbak Nur, Apa kabar? Maaf baru bs respon,gimana kbar doi(ivan) apa benar doi udh punya pasangan baru? Dalam hal ini kk ga bs ksh byk respon karena sedikit beda pembahasannya.
      Seorang cow/cewek dia akan menjadi maaf (illfill) saat banyak melihat status di medsos yang menceritakan tentang dia(doi) apalagi menyangkut kepribadian jelek si doi, so kk ga bs komen lagi jika si doi udah punya pasangan baru. So mungkin ini udh menjelang 3 bln si doi anniversary. Segera move on ya? Masak Mbak Nur blm ada juga gebetan baru.hehe maaf canda..

      Hapus
  23. Kak aku mau nanya
    Kan doi aku minta break karena dia takut ga bisa kasih perhatian ke aku pas dia sibuk(dia mau lulus SMP)
    Kira" alesan dia itu masuk akal ga?kira" juga dia masih sayang ga sama aku krn alesan itu dia mau brake?
    Terus aku sm dia termasuk udh putus sementara / msh pacaran?
    Soalnya bentar lg monthversary aku sm dia,aku ngucapin atau ga?
    Mohon direspon ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik, Trims sudah mau berbagi.
      Keputusan Breaknya bisa karena beberapa faktor. Adik bisa tanyakan breaknya berapa lama? Jika keputusan hanya ingin fokus belajar ya bisa jadi benar dan mungkin nilai doi turun karena terlalu seringnya memikirkan adik yang(dalam arti mgkn saja adik, maaf mgkn adik sedikit bawel ya? /terlalu over/bahkan adik sendiri jarang komunikasi [sms/phone, or lama balas] dll ke Doi. Yang sehingga membuat si Doi menjadi merasa tidak nyaman.
      Alasan dia jika apa yang kk bilang diatas adik lakuin ya bisa jadi itu memang keputusan doi.
      Kalau dia bilang Break ya itu bukan berarti putus donk?!! namun lebih ke berkurangnya hub komunikasi yang dengan maksud kalian untuk saling memperbaiki diri.
      Untuk monthversary ya tetep di ucapin ya? Toh ga cuman cewek, cowokpun suka jika mendapat ucapan Selamat dari pasangannya. :)

      Hapus
  24. Selamat pagi kak
    Kak maaf saya curhat sedikit tentang hubungan saya...
    Waktu PDKT cwo saya perhatian banget sama saya , cukup lama PDKTnya sebenernya sih mantan ngajak balikan,sebelumnya saya gg mau tapi entah hampir selama 1 tahun ngajak balikan dan dia yakinkan saya lagi, saya iya....
    Tapi setelah dia nembak saya langsung berubah gitu aja, cuek trus gg kaya dulu lagi gitu , saya tau klo bakal seperti karna pengelaman temen saya jadi saya gg kaget...
    Mungkin dulu saya pernah trauma juga sama dia saya gg begitu perhatian, karna saya takut terulang ke 2kalinya, terlalu percaya, dan selama saya jalanin hubungan sama dia sebulan ini merasa hambar, dan saya coba untuk ngalah apa kenginannya saya turutin,saya kasih perhatian kedia, tapi klo saya ingin apa tuh gg diturutin, slalu ditolak , ingin ketemu ditolak, entah karna apa ... Oklah itu gg masalah....
    Dan wajar gg sih kak klo saya cari kesibukan dan kesenangan sendiri...
    Iya saya tau saya salah pergi kemana² tanpa bilang sama dia, tapi setelah itu saya jelasin pergi kesini kesini gitu pas dia tanya...
    Dan dia sekarang marah sama saya gara² itu ,
    Omongannya itu gg bilang putus dan gg bilang break juga, tapi yg dia bilang "saya mau kembaliin semuanya" , dan jawaban saya , saya mau pertahanin hubungan kita...
    Dan dia bilang " kita saling intropeksi dulu saya bingung harus berbuat apa "
    Tapi disaat kita lagi kaya gitu dia malah ganti DP cwe lain , dan saya tanya dia siapa ?, "bukan siapa² temen, dia yang slalu ada beberapa minggu ini "
    Trus menurut kakak saya harus gimana kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik, Sepertinya Lady musti kasih perhatian lagi dan lebih keDia. Karena dilihat dari ceritanya sebenarnya ia sayang banget ke lady namun lady nya aja yang maaf sedikit kurang agak peka. Cwo lady ia memasang DP cwe lain itu lantaran ia merasa kesal sama lady, ia ingin lady itu nunjukin rasa cemburu lady dan ia berharap bahwa lady akan kasih perhatian lebih ke dia. So buat ia merasa berbeda ya? lakukan hal yg saat kalian pertama kali jadian. Gpp kok seorang cwe memberikan perhatian dulu kepada cwoknya.(BERLAKU BUAT para cwok Yang super sibuk, cwok yang manja, dan cow yg cool). Lakukanlah perhatian berulang-ulang hingga minggu ke3 dan saat minggu ke 3 hilangin perhatian lady sejenak dalam bbrpa hari so akhirnya ia mempunyai inisiatif sendiri buat nyamperin lady.
      ok thanks, semoga bermanfaat :)

      Hapus
  25. Kak, udah dua minggu ini aku dengan dia ga jelas hubungannya,
    Dia ngabarin paling cuma 2 atau 3hr sekali, itu juga kalo aku terus telfonin atau sms dia. Katanya alasannya sibuk kerja, tapi tiap aku sms ga di bales, telfon juga ga pernah diangkat selama 2 minggu ini, bahkan kalo aku telfonin terus, dia langsung matiin hpnya. Aku harus gimana ya kak? Lanjut atau move on? Mohon bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Didalam hubungan terjadi liku-liku itu wajar, layaknya jalan yang tak selamanya berlajur lurus. Memang ga muda untuk mencari perhatian cowok yg Supersibuk,ia pst akan mrasa terganggu disaat jam2 sibuk kita ganggu,
      Ada beberapa hal yg musti Anda lakukan:
      1. Ketahuila jam sibuk kerja dan jam istirahatnya.
      2. Jika dalam bbrp hari disaat jam istirahat ia tidak bisa ditelfon? Maklumin aja mungkin ia sedang menyelesaikan proyek dan sedang ingin bersama teman-temannya.tp jika lebih dr sepekan melakukan hal yg sama? Harap Anda tidak lg menelfonnya namun alihkan kepada perhatian lewat sms saja(lakukan disaat jam makan siang, mkan malam dan menjelang tidur).
      So jika msh bs dipertahanin ya ga ada salahnya lanjut!
      3. Jika sms/bbm/W.A Anda tidak dibalas? Tambahkan kata ini diakhir kaliman "Sayang klo ada waktu, bls ya sms/.. Aku/adk?"Atau "maf ganggu jika syg ada wkt blas sms aku ya?"
      Lakukan hal ini dlm 2 minggu/sampai Anda bosan.
      4. Jika sampai Tips ke 3 telah dilakukan namun blm ada perubahan, segera move on. Ok trims

      Hapus
  26. Kk aku break sm dia udh 2minggu, prtma dia bilang sm tmen2 ny dia lgi males sm aku bosan dan aku ngeselin dia krna banyak tanya. Dan dia minta aku gak nghubungin dia sama skali dlu tpi dia gak bilang batas wktu ny smpe kapan. Nah ini udh 2minggu kk tiba2aku dnger dri tmen2 ny dia minta carikan cwe dia bilang masa ultah aku gak punya cewe. Trd dia bilang sm tmen ny kalo kami udh putus. Dan fto2 kami di medsos ny udh dihapus sm dia kk baru kmrin dia hapus ny kk. Aku hrs bagaimana kk? Apa aku hrs nghubungi dia dluan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adik novia apa kabar? maaf baru bisa kk respon, bagi kk cow yang sampai rela menghapus foto bersama itu ialah tipe cowok yang ga bakal serius sama kita.so ya buat adik novia ga usah ambil pusing.adik cari cowok lain juga dunk? Tooh pasti byk cowk yang mau ma adik. Mhon maaf jika kk bilang terus terang.

      Hapus
  27. Pacar aku minta break padahal seminggu lagi kita Annive 2 thn pacaran
    Dy minta break kata nya ada masalah keluarga yg gak bisa dy ceritain ke aku.
    Aku harus gimana ya ? Apakah dy masih sayang? Apakah break ini bakalan lama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada beberapa kemungkinan:
      1. Dia memang masih sayang
      untuk menjaga hubungan tersebut agar tidak bermasalah dia memilih konsentrasi untuk menyelesaikan masalah keluarganya.
      2. Lama tidaknya waktu break itu musti harus kalian bicarain dan kalian tentukan, kalau tidak ditentukan ya pasti bakalan lama..
      Hikmatul yakin kok kalau memang dia sayang dia ga bakal ninggalin hikmatul kok, so sabar yach. :)

      Hapus
  28. Kak aku mau minta saran juga, kan aku udah 10 bulan sama pacarku tapi skrg kami lost contact karena dia sakit sampe mesti operasi tapi aku gatau itu bener atau nggak karena kami ldr skrg dan gak ada komunikasi lagi, dia juga bilang mau sendiri dulu dan mau fokus kerja, break nya sampai Juli nanti kak, aku bingung habisnya kami jauh dan aku gak tau dia btulan sakit atau nggak dan aku takut dia bohong ke aku kak, soalnya dulu juga dia pernah ada cewek yang deketin tanpa aku tau ceweknya itu kayak digosipin pacaran sama pacar aku, tapi kata pacarku itu cuma gosip kak, aku harus gimana skrg kepercayaan aku sama dia agak berkurang gara2 masalah yg dulu itu dan skrg kami kan lost contact sama sekali, aku gatau pasti apa dia beneran sakit atau apa kak aku bingung

    Mohon direspon kak dan maaf kalau agak gak jelas😢

    BalasHapus
  29. Baik, kami mengerti ttg kegelisahan adik.Untuk LDR memang banyak faktor yang musti kita laluin. Karena setiap hubungan percintaan itu faktor utamanya ialah kepercayaan. Baik antara adik muampun pacar adik. Ketika ia berkata berulang kali aku mau fokus kerja dan bilang mau sendiri dulu. Adik udah bisa mengerti bahwa yang ia rasakan saat ini ialah kenyamanan dia. Mungkinkah adik pernah berkata atau berbuat salah padanya yg hingga ia memutuskan untuk menjalani break? Bagi kk break dgn durasi 5-6 bln itu tidaklah masuk akal, kecuali ia memang menjalani operasi besar seperti bedah tulang, kanker, dll tapi itu bagi kk kemungkinan sangat kecil jika ia udah bilang mau sendiri dulu. Dan itu berarti ia benar2 ga mau diganggu ma adik. So adik pastikan dahulu sakitnya dia apa? Apa sakit beneran ataukah hanya sakit hati karena adik.Ok trims, maaf utk masalah adik yg masih tanda tanya? Segeralah cari info ya? Baik melalui teman terdekat atau melalui medsosnya dia.

    BalasHapus
  30. k'k admin.
    saya berhubungan dengan cewe saya sudah 3bulan lebih.
    sampai sampai dia semakin sibuk bekerja dia perlahan sifatnya mulai berubah.
    gampang marah,mudah untuk salah paham,dan g pernah lg manggil kata sayang.
    dia pun sangat sulit meluangkan wkt'y untuk ketemu dg saya.dg alasan sibuk krj.

    hingga sampai sekarang dia memutuskan untuk break. dg alasan dia mau fokus kejar kariernya.
    break yg tak tentu entah sampai kpn.
    dia aktif di sosmed (FB) foto kami pun tak di hapus olehnya.
    dan
    break hari kedua pun berlalu tanpa di sangka dan di duga dia ngasih kabar via bbm.kalou dia mau di oper krj ke tempat yg lebih jauh lg.
    saya berfikir ini bakal jadi LDR & BREAK.
    yg bakal melanda hati.
    saya sebagai cowo harus gmn K'k admin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik, kami mengerti ttg kegelisahan bang Andi agustiawan. Untuk keputusan break memang terkadang bukan masalah sepele. Namun mau ga mau kita harus hormatin keputusannya. Singkat kata break bukan berarti putus. Namun untuk saling menjaga jarak dan berkurangnya komunikasi sementara. Dan perlu diingat bahwa type cewek karir memang selalu fokus pada pekerjaannya. Kadang kitapun merasa terabaikan. Buat bang andi dimohon untuk sabar ya? Jika memang ia yang terbaik pasti Tuhan/Allah akan kasih ke bang Andi. Support pekerjaan dia itu berarti kita hargain dia.
      Semangat ya bang Andi.

      Hapus
  31. Minta saran nya ya admin.
    Saya pacaran sama cwok saya 3bln.
    Tp dia minta break.
    Soal nya aku selalu bahas mantan nya,aku memang salah pdhl di awal dia blg jgn bahas mantan,tp aku tetep bahas mantan nya.trus akhir nya dia minta break suruh intropeksi diri,tp aku yg gak mau.tp aku ada alasanya bahas mantan sebab dia org nya cuek bgt dan kurang terbuka.jd aku selalu curigaan. Tapi disaat break aku bbm jawabnya singkat2 bahkan lama sekali balesnya.
    Trus aku harus gimana min, aku cewek butuh kepastian..😣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik mbak sarah, perlu diketahui salah 1 hal yang jarang diketahui cewek tentang cowok ialah jangan pernah sekali-sekali bahas masalah mantan. Saat Anda bahas mantan 1x maka berkurang lah rasa simpatiknya pada Anda, saat 2x berkurang lah kembali rasa percayanya. Dan seterusnya semakin Anda bahas mantan maka lama kelamaan sayangnya pun akan mulai berkurang secara perlahan.buat mbak sarah segera ajak cowok mbak untuk jalan dan bilang mbak mau bicara serius masalah hubungan Anda.. ok.trims. Semoga berhasil ya..

      Hapus
  32. Min saya mau minta saran.. jadi cerita nya kmren saya main sama pacar saya, terus saya cerita kalau ada cowo yg ngajak saya nonton, saya niat awalnya mau manasin dia aja, dan dia lagsung ngontekin cowo itu, dan cowo itu ngejelasin isi chatnya sm saya, memang disana chat saya yg lebih over ke cowo itu(centil) tpi sayang gak maksud suka sm cowo itu memang cowo itu teman lama saya dan sudah biasa seperti itu chatannya, cowo saya kecewa dengan saya, karna diawal saya bilang cowonya yg ngajak nnton pdahal saya yg awalnya mancing dia buat ketemu karna emg sudah lama gk ketemu.. saya tau saya salah.. terus pcr saya skr minta lost kontak sm saya sampai dia melupakan masalah ini, saya harus gimana min? Saya dulu pernah membuat dia sakit hati kaya gini tpi dgn masalah yg berbeda, dia waktu itu jga lost kontak sm saya dan sampai 3 bulann.. lalu kita dekat lgi cuma berubah sikapnyaa, sampe 6 bulan baru semuanya baik2 lagi seperti semula. Saya takut kalau akan terulang lgi seperti itu min kali ini.. dia orangnya kalau sakit hti bisa ngebekas banget min. Dia blg masih sayang sama saya tpi dia kecewa dan hilang kepercayaan sm saya. Saya harus bagaimana?

    BalasHapus
  33. Min saya mau minta saran.. jadi cerita nya kmren saya main sama pacar saya, terus saya cerita kalau ada cowo yg ngajak saya nonton, saya niat awalnya mau manasin dia aja, dan dia lagsung ngontekin cowo itu, dan cowo itu ngejelasin isi chatnya sm saya, memang disana chat saya yg lebih over ke cowo itu(centil) tpi sayang gak maksud suka sm cowo itu memang cowo itu teman lama saya dan sudah biasa seperti itu chatannya, cowo saya kecewa dengan saya, karna diawal saya bilang cowonya yg ngajak nnton pdahal saya yg awalnya mancing dia buat ketemu karna emg sudah lama gk ketemu.. saya tau saya salah.. terus pcr saya skr minta lost kontak sm saya sampai dia melupakan masalah ini, saya harus gimana min? Saya dulu pernah membuat dia sakit hati kaya gini tpi dgn masalah yg berbeda, dia waktu itu jga lost kontak sm saya dan sampai 3 bulann.. lalu kita dekat lgi cuma berubah sikapnyaa, sampe 6 bulan baru semuanya baik2 lagi seperti semula. Saya takut kalau akan terulang lgi seperti itu min kali ini.. dia orangnya kalau sakit hti bisa ngebekas banget min. Dia blg masih sayang sama saya tpi dia kecewa dan hilang kepercayaan sm saya. Saya harus bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik. Team Kita mengerti kegelisahan mbak riani. Karena team kami juga pernah mengalami hal seperti itu. Diusahain kalau bisa jangan sampai terjadi break atau lost contact ya? Karena itu akan membuatnya segera berpaling.mbak riani jika tidak ingin untuk terjadi break segerakan untuk meminta maaf dengan sungguh hati, karena seorang cowok akan memaafkan ceweknya jika cew itu menunjukkan bukti yang jelas. Logika cowok 1 perasaan 99 akal dan begitu sebaliknya.jadi gunakan 99 perasaan Anda. Ok. Trims and Good luck. Semangat ya mbak riani..

      Hapus
  34. Asslamulaikum min, aku mau cerita dan minta saran ni. Aku pacaran sama cowok ku sudah 6 bulan jalan 7,jadi beberapa hari yg lalu dia kayak brbh ke aku, cuman msh manggil sayang dan msh kyk biasa cuman ngechatnya aja yg sekali2, kebetulan kami sekampus tapi beda jurusan, biasanya kami sering pergi bareng ke kampus, terus beberapa hari itu kami jdi ga sring ketmu di kantin atau pun prgi bareng,jadi dia akhirnya crta knpa dia agak brbh, katanya karna dia mimpi kayak lagi di tegur sama tuhan, distu kayak dia trbayang semua smua dosa dia,di tengah malam dia lsng nelfon mamanya kebtulan juga dia anak kos,aku tau dia lagi di msa sibuk2nya sma kuliah sma tugas himpunan,dan aku tau dia orgnya mikirin sesuatu bisa sampai sakit, jdi dstu dia blg ke aku dia kayak bingung sma dia sndri, jdi aku lsng dong tnya jadi kamu maunya putus,sbnrnya aku gamau putus tapi aku cuman mau jadi yg lbh baik, tpi mngkin ga kayak yg dulu lagi, mngkin aku bakalan lbh dingin, aku gamau nyakitin makanya aku blg dari skrg. Dia juga tapi gatau sampe kapan dia bakalan kayak gini, dia blm bisa pastiin, trs aku blg kalo aku blm snggp buat putus gitu aja, krna semalam kami pacaran dia ga prnh brbh sdkit pun walaupun salah aku udh Besar Malah kalo aku blg kita pcrn biasa biasa aja dia selalu gamau dan selalu mau hbngan kami baik2 aja, tapi karna mimpi itu dan dia blg dia mau hijrah dia jadi brbh, mmg pas di Tlfn dia masih manggil syg dengan respon dgn baik, pas di chat aja yg kadang manggl2 sayang, kadang udh enakan chatnya kadang jdi dingin lagi, pas jalan atau ketemu gak seindah yg dulu, dia msh crta mmg tntg kehidupan dia, dan aku juga masih tau kemana dia prgi ngapain aja, cuman rasanya sedih dgn perubahan dia itu, dia dukung kalo aku msh sabar sama dia, tpi dia juga ga masalah kalo misalnya aku ga snggp lagi dan mau pisah dulu buat smentara waktu, tapi rasanya msh blm sanggup,pas aku tanya kamu bukannya bosen? Trs dia jawab kalo aku bosen aku gak akan crta sama temen2 aku apa yg trjdi, krna itu urusan aku sma kbosenan aku, dan kalo aku punya cewe lain aku juga gamngkin crta sma org krna aku yg malu,dia blg dsni kita sama sama ragu,dia blg juga kalo mmg dia ga mikirin aku dan ga ragu dia pasti akan milih lsng ngorbanin aku,tpi dsni dia blg dlu alasanya, dia tnya ke aku maunya gmna, aku blg aku sabar tapi aku ttp aja ngebahas dan ngeluh,aku udh mulai trbiasa dgn dia yg skrg cuman aku takut alasan dia sbnrnya bukan krna mau hijrah tapi krna bosen itu pikiran jelek ku, pdhl aku sndri tau kalo dia jarang bhong :')oh iya tambahan kalo dia ga ngapus apa pun tntg kami di medsos dia, bahakan password ig dia mash sama,walpaper line dia mash foto berdua aku foto profil line ig juga masih foto sama aku,bahkan bisa di itung brapa kali bhongnya, mnrt mimin gmna? Apa aku harus nunggu Hal yg ga pasti? Atau aku harus udhin aja? Dan apa dia sbnrnya msh syg sma aku atau aku yg trlalu naif.maaf ya min trlalu panjang crtanya tapi mohon sekali di jawab O:) terimakash

    BalasHapus
  35. Saya arin ....hi min....saya minta saran dong....saya pacaran jarak jauh...iya kami jarang ketemu karna jauh juga....tpi selama pacaran so far so good ...ngk posesif dan 'gk pernh berantem ...bahkan pacarku terakhir chat jg baik baik saja....tpi selma hmpir 2 buln ngk ada kbr...hp nya dihubungi ngk dianggat...pke no lain jg nhk dia angkat...wa email ngk ada respon dan ngk terbaca....apa itu berarti pacarku minta break ? Tpi smpe kpn begini.. ? Ku sabarin ko lm lm bosen...tpi ngk ada penjelsn apa alsannya...ngilang gitu....aku hrus gimna ya min..perlu solusi nih....makasih

    BalasHapus
  36. mian saya roni
    hari sabtu tgl 20 mei 2016 saya sempat emosi pada saat chat sama dia ( cewe saya ). Alesannya hanya karena balesnya lama nggak ngabari kalo mau main sama temen"nya, dan saat itu aku pengen telpon sama dia, otomatis saya males, jadi ntar nggak fokus pada sat telpon. Habjs itu dia nggak bales chat aku, telponku di reject juga. Mingu dia bales kalo nunggu mood baik dulu, sama minta maaf kalo udah buat marah. Trus aku chat " iya gpp" nggak di respon. Hari senin di bales kalo dia butuh waktu buat sendiri, moodnya lagi buruk banget. Aku jawab aku bakal kasih ruang, tapi kok nggak ngasih tau berapa lama buat waktu untuk sendiri. Pas hari kamis kemarin aku coba untuk ketemu sama dia, tapi nggak ada di rumah, aku chat dia kalo aku kerumahnya, dia bales maaf kalo aku nggak ada di rumah, sama maaf kalo bikin nunggu. Aku bales iya gpp, aku juga nggak marah. Aku bakal selalu nunggu kamu. Sampe swkaramg belum di bales juga.
    saya harus gimana apa harus coba nemuin dia lagi atau nunggu dulu balesannya dulu, kasih dia waktu buat sendiri. Takutnya kalo ssaya suruh mundur perlahan, atau dia macem" sama yg lain gitu

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda dengan mengklik link pada judul atau klik (Add Your Comments)

Popular Posts

Artikel Baru