Senang Bertemu dengan Anda

TERIMA KASIH BUAT PARA PENGUNJUNG!, SEMOGA ARTIKEL INI BERMANFAAT BAGI ANDA,! MOHON KETIK SARAN,KOMENTAR DAN PERTANYAANYA DIBAWAH. UNTUK PERKEMBANGAN BLOG INI Link Pemerintah Sumatera Selatan

Manfaat Buah Kenitu

Pohon dan Buah Kenitu

Banyak bagian pohon yang berkhasiat obat; misalnya kulit kayunya, getah, buah dan biji. Rebusan daunnya dipakai untuk menyembuhkan diabetes dan rematik.
Buah Kenitu juga berkhasiat untuk penyakit yang terkait dengan radikal bebas karena mengandung antioksidan alami. Dari pepagannya (kulit kayu) dihasilkan obat kuat dan obat batuk.

Senyawa antioksidan memang memiliki peran penting dalam kesehatan karena mampu menangkap radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang sangat reaktif karena memiliki elektron yang tidak berpasangan dalam orbit luarnya sehingga dapat bereaksi dengan molekul sel tubuh. Radikal bebas dapat mengoksidasi asam nukleat, protein, lemak, bahkan DNA sel, dan menginisiasi timbulnya penyakit degeneratif. Senyawa antioksidan dari tumbuhan seperti vitamin C, vitamin E, asam fenol, polifenol, flavonoid, dan karoten diketahui berpotensi mengurangi resiko penyakit degeneratif dan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung koroner.
 

Dengan demikian, kalau kita butuh antioksidan alami tinggi, tidak perlu mahal-mahal mencari buah impor. Kalau mau memberi oleh-oleh buah khas lokal, tidak perlu bingung-bingung mencari ke pasar. Cukuplah memetik kenitu, buah berharga di sekitar kita yang kerap dipandang sebelah mata. Wallahu’alam bishowab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda dengan mengklik link pada judul atau klik (Add Your Comments)

Popular Posts

Artikel Baru